Makanan-makanan Khas Kota Bogor

Gedung Karesidenan Bogor

Kalau kebetulan kamu  berjalan-jalan di daerah Bogor ataupun memang berdomisili di Bogor, jangan sampai deh kamu melewatkan wisata kulinernya. Bogor yang dikenal sebagai kota hujan ini menyimpan kekhasan tersendiri, mulai dari penataan kotanya, tempat-tempat wisata, sampai dengan kuliner-kuliner khasnya.

Banyak sekali pilihan kuliner di Kota Hujan ini, makanya kalau cuma 1-2 hari di sini, rasanya memang kurang puas. Tapi kalau memang terpaksanya jalan-jalan di kota Bogor cuma bisa dilakukan di akhir-akhir pekan, ya mau tidak mau kamu harus mencoba satu persatu di tiap minggunya, hehe….

Beberapa wisata kuliner yang ada di Bogor misalnya saja Roti Unyil. Kamu mungkin sudah enggak asing lagi mendengar penganan yang satu ini. Ini roti bukan sembarang roti, bentuknya yang lebih mini dari roti-roti pada umumnya, dan beragam rasa yang ditawarkan, menjadikan roti unyil menjadi penganan yang istimewa di Kota Bogor.

Jajanan lainnya di kota Bogor adalah asinan. Yang satu ini memang begitu fenomenal. Saking khasnya makanan ini, maka setiap menyebut ”asinan” maka yang terlintas dan tergambar di Kepala adalah asinan Bogor. Kamu boleh saja makan di daerah lain yang juga menyediakan asinan. Kamu boleh saja punya resep yang sama dengan pedagang asinan bogor, tapi itu enggak menjamin kalau cita rasa yang didapatkan akan sama.

Selalu saja ada yang berbeda dari setiap masakan. Bisa jadi komposisi dan cara memasak masakan itu sama, namun hanya karena ada perbedaan penyebutan, maka image/kesan yang tertanam di benak kita bisa jadi berbeda.  Misalnya tadi, asinan yang ditambahkan embel-embel ”Bogor” memiliki kesan yang lebih enak jika dibandingkan dengan yang tidak menggunakan embel-embel itu (walaupun dibuat dengan komposisi, cara pembuatan dan bahkan pembuat yang sama !).

Beberapa makanan khas lainnya yaitu ayam coet. Buat kamu yang baru mendengar ayam coet mungkin terasa asing. Ayam coet dihidangkan secara unik di atas alat yang bernama coet dengan sambal coet yang khas. Coet sendiri dalam bahasa sunda adalah alat yang biasa digunakan untuk membuat/menumbuk sambal.

Makanan berbahan baku ayam yang diolah secara khusus itu, memiliki cita rasa khas. Komposisi, bumbu, cara memasak  sampai dengan penyajiannya, dapat dibilang berbeda daripada yang lain. Sajian ayam ini dilengkapi dengan sambal dengan cita rasa pedas yang menggoda selera.

Itulah sebagian dari beraneka macam kuliner yang ada di Kota Bogor. Kunjungan anda ke Kota Bogor terasa kurang  jika tidak sebentar mampir mencicipi makanan-makanan tersebut di atas. Jika anda sudah tidak sempat lagi untuk jalan-jalan, anda mungkin bisa meminta teman/saudara anda yang kebetulan di Bogor, untuk dapat membawakannya untuk anda sebagai buah tangan.

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • Arsip

  • Kalender

    September 2011
    S S R K J S M
        Okt »
     1234
    567891011
    12131415161718
    19202122232425
    2627282930  
  • Blog Stats

    • 8,313 hits
%d blogger menyukai ini: